Urutan Skincare untuk Remaja Sebagai Langkah Tepat Jaga Kulit Sejak Dini

Skincare untuk remaja perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit sejak dini. Ada beberapa urutan skincare untuk remaja yang sebaiknya digunakan seperti pelembap hingga sunscreen agar terhindar dari masalah kulit yang umum terjadi saat usia pubertas.

Skincare untuk remaja hadir dalam berbagai jenis dan merek di pasaran. Hal ini bertujuan untuk menjaga kesehatan kulit sejak dini. Cara menjaga kesehatan kulit perlu dilakukan sejak dini agar masalah kulit saat puber yang berisiko menurunkan rasa percaya diri bisa dihindari. 

Saat masuk usia remaja, pasti ada banyak hal yang dialami untuk pertama kali, mulai dari pacar pertama hingga jerawat pertama. Ya, kondisi kulit memang akan berubah saat masuk usia pubertas karena jadi lebih mudah berminyak dan berjerawat. 

Maka dari itu, penting untuk memperhatikan kesehatan kulit dengan penggunaan skincare yang aman untuk remaja pemula.

Urutan skincare remaja sesuai produknya

Untuk menjaga kesehatan kulit sejak dini, penggunaan produk perawatan kulit atau skincare menjadi hal yang penting dilakukan. Skincare adalah berbagai produk perawatan kulit yang terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari sabun pembersih wajah, pelembap, hingga tabir surya.

Urutan skincare untuk remaja pemula harus diperhatikan agar tidak sampai salah saat menggunakannya. Jika sampai salah, maka hasil perawatannya jadi tidak maksimal.Berikut adalah urutan skincare untuk remaja pemula yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit. 

1. Sabun cuci muka

Salah satu urutan skincare pagi dan malam untuk remaja adalah sabun cuci muka. Cuci muka merupakan tahap awal yang tidak boleh terlewat. Apa pun jenis kulit Anda, pilihlah sabun cuci muka yang kandungannya ringan dan mampu menyingkirkan kotoran serta minyak di wajah.

Banyak produk cuci muka yang menyebabkan kulit menjadi kering tetapi produk Omniskin Cica BHA Amino Acid Foaming Wash dan Watermelon Smooth Brightening Mild Cleanser membersihkan wajah sekaligus menghaluskan kulit tanpa rasa ketat ketika dibilas.

Cuci muka dengan sabun pembersih wajah lembut

Anda dapat melakukan cuci muka minimal 2 kali sehari, yakni pada pagi dan malam hari sebelum tidur. Gunakan air suam-suam kuku atau air hangat saat membersihkan wajah. Ini bertujuan untuk melonggarkan kotoran tanpa menghilangkan minyak alami pada wajah. 

Bagi remaja dengan kulit wajah normal atau kulit kombinasi, pilihlah sabun pembersih wajah yang mengandung asam salisilat. Asam salisilat dapat membantu mengendalikan produksi minyak sekaligus meningkatkan hidrasi kulit. 

2. Toner wajah

Urutan skincare pagi dan malam untuk remaja berikutnya adalah toner wajah. Fungsi toner wajah adalah membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak berlebih yang mungkin masih menempel setelah tahap membersihkan wajah. 

Toner wajah juga bermanfaat dalam membantu mengembalikan pH kulit Anda yang hilang saat mencuci muka. Bagi remaja dengan kulit berjerawat, penggunaan toner dengan kandungan tertentu bisa membantu meredakan jerawat meradang, mengempiskan jerawat, serta mencegah kemunculan jerawat baru di kemudian hari. 

Toner yang beredar di pasaran juga ada banyak jenisnya. Jadi, pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit Anda. 

3. Pelembap

Urutan skincare untuk remaja yang tak kalah penting adalah mengoleskan pelembap. Anda dapat mengoleskan pelembap dua kali sehari. Penggunaan pelembap bertujuan untuk membuat kulit terhidrasi, terasa kenyal, dan mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan dini, seperti kerutan dan garis-garis halus. 

Cara mengoleskan pelembap adalah ambil pelembap dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran kacang polong ke telapak tangan. Oleskan pelembap pada area pipi terlebih dahulu, lalu oleskan ke atas menuju dahi dengan gerakan memijat.

Gunakan pelembap wajah dua kali sehari

Gunakanlah produk pelembap yang sesuai dengan jenis kulit serta target masalah kulit yang Anda alami. Bagi pemilik kulit berminyak, gunakan pelembap berlabel bebas minyak guna mencegah penyumbatan pori-pori. Bagi remaja yang rentan mengalami jerawat, gunakan pelembap bertekstur gel. 

Sementara, bagi remaja yang memiliki kulit sensitif, hindari penggunaan pelembap yang mengandung zat wewangian. Alangkah baiknya bila pelembap yang digunakan kandungannya ringan serta mengandung SPF dan berlabel broad-spectrum untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. 

4. Sunscreen atau tabir surya

Skincare untuk remaja yang tak kalah penting adalah sunscreen atau tabir surya. Walaupun Anda lebih banyak beraktivitas di dalam ruangan, paparan sinar matahari masih bisa menembus ke dalam. Jadi, penggunaan sunscreen sebagai urutan skincare untuk remaja pemula tidak boleh sampai terlewat.

Anda bisa menggunakan sunscreen yang mengandung zinc oxide untuk mencegah munculnya masalah jerawat. Selain itu, pilihlah sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 serta berlabel broad-spectrum guna melindungi dari paparan sinar ultraviolet A dan B. 

Oleskan sunscreen ke seluruh permukaan wajah seraya memijatnya dengan gerakan memutar secara perlahan. Pastikan untuk mengoleskan sunscreen 15-30 menit sebelum pergi ke luar rumah agar dapat meresap dengan baik.

5. Eksfoliasi wajah

Eksfoliasi wajah adalah urutan skincare untuk remaja yang perlu dilakukan beberapa kali dalam sepekan. Eksfoliasi wajah bertujuan untuk menghindari penyumbatan pori-pori yang rentan terjadi pada usia pubertas. Lakukan eksfoliasi satu atau dua kali seminggu dengan produk khusus yang bisa memicu pengelupasan kulit mati.

6. Obat jerawat

Oleskan salep jerawat yang mengandung asam salisilat dan benzoil peroksida

Skincare untuk remaja pemula yang perlu digunakan adalah obat jerawat. Saat kulit sedang berjerawat, ganti urutan skincare untuk remaja menjadi tahapan cuci muka, toner, lalu oleskan obat jerawat.

Meski jerawat dapat muncul pada usia berapa pun, usia pubertas biasanya lebih sering mengalami jerawat akibat ketidakseimbangan hormon yang terjadi.

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia | Whatsapp