Efektif Atasi Jerawat, Kenalan Sama Kandungan Salicylic Acid Yuk!

salicylic acid adalah salah satu kandungan bahan aktif yang kerap ditemukan dalam sejumlah produk perawatan kulit berjerawat. 

Jenis asam satu ini termasuk dalam golongan beta hydroxy acids (BHA), yakni bagian hidroksi dari molekul yang dipisahkan oleh dua atom karbon. Fungsi salicylic acid adalah untuk mengatasi jerawat hingga komedo.

Struktur salicylic acid yang merupakan golongan BHA membuatnya dapat larut dalam minyak (oil-soluble). Dengan demikian, salicylic acid bisa masuk ke pori-pori kulit dengan mudah. Lantas, apa saja manfaat salicylic acid untuk jerawat? Simak jawaban selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa manfaat salicylic acid  untuk wajah? 

1.    Mengatasi komedo

Manfaat salicylic acid yang satu ini mungkin belum banyak diketahui orang. Padahal, kandungan zat asam ini memang sudah sejak lama digunakan sebagai salah satu bahan baku pembuatan sampo anti ketombe. Zat ini nantinya akan bekerja dengan melembutkan dan mengangkat kulit mati yang menumpuk pada kulit kepala.

Sayangnya, pada sebagian orang penggunaan sampo berkandungan salicylic acid dapat menimbulkan efek kering pada rambut. Meski begitu, Anda tak perlu khawatie karena dengan menggunakan conditioner saja rambut sudah bisa kembali lembut.

2. Mengangkat sel kulit mati

Selain efektif dalam mengatasi jerawat, salicylic acid juga dapat mengangkat sel-sel kulit mati. Jika digunakan secara rutin, rona wajah yang kusam akibat tumpukan sel kulit mati pun dapat segera teratasi dan kembali cerah. 

Zat asam ini kabarnya juga sangat efektif untuk menyamarkan noda bekas jerawat, lho! Namun, perlu diingat bahwa wanita hamil dan menyusui perlu menghindari kandungan yang satu ini karena dapat membahayakan janin dan bayi.

3.    Menghilangkan jerawat batu

Salah satu manfaat salicylic acid yang paling umum dan sudah banyak diketahui orang adalah sebagai obat jerawat. Pada dasarnya, jerawat sendiri dapat terbentuk karena adanya tumpukan minyak di kulit wajah yang terkontaminasi dengan kotoran dan bakteri.

Jika didiamkan terus-menerus, hal ini tentu saja dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena dengan menggunakan produk berkandungan salicylic acid, masalah jerawat dapat diatasi. 

Kandungan anti-inflamasi pada salicylic acid dipercaya dapat meredakan peradangan yang terjadi saat jerawat muncul. Selain itu, salicylic acid juga ampuh dalam mengangkat kotoran penyumbat pori-pori yang dapat menyebabkan komedo.

4.    Mengurangi produksi minyak berlebih

Mengurangi produksi minyak berlebih juga menjadi fungsi salicylic acid. Hal ini karena sifat salicylic acid yang dapat masuk ke dalam lapisan kulit, termasuk bagi mereka dengan kulit berminyak sekali pun, sehingga kulit bisa dibersihkan lebih menyeluruh. Di samping itu, a salicylic acid juga mengurangi sekresi minyak dan sebum sehingga kulit tidak rentan mengalami jerawat.

5. Menyamarkan luka

Jika ada bekas luka di wajah yang ingin disamarkan, fungsi salicylic acid bisa bekerja. Hal ini tak lepas dari kemampuannya dalam mengangkat sel kulit mati sekaligus menstimulasi produksi sel kulit baru.Dengan demikian, penggunaan skincare yang mengandung salicylic acid bisa membantu menyamarkan bintik hitam atau bekas jerawat dan luka yang membandel. Selain itu, fungsi salicylic acid juga bisa membantu mencegah munculnya bintik hitam berkat sifat anti peradangan di dalamnya.

Apa efek samping salicylic acid untuk jerawat? 

Kandungan bahan aktif apa pun yang digunakan secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping. Begitu pula halnya dengan kandungan salicylic acid. Efek samping kandungan salicylic acid untuk jerawat yang paling utama adalah iritasi, terutama pada pemilik kulit sensitif atau kering. 

Bergantung pada konsentrasi dan frekuensi penggunaan, beberapa orang mungkin merasa mengalami kulit terasa kering, terkelupas, memerah, bahkan iritasi. Pastikan Anda tidak menggunakan skincare dengan kandungan salicylic acid untuk jerawat secara berlebihan karena berisiko merusak lapisan pelindung kulit. 

Sebaliknya, Anda bisa menggunakan salicylic acid untuk jerawat secara berselang dengan produk skincare lainnya yang aman digunakan bersama salicylic acid, seperti lactic acid. Penggunaan salicylic acid dengan kandungan bahan aktif untuk jerawat lainnya secara bersamaan dapat membuat kulit semakin kering. 

Hindari penggunaan salicylic acid untuk jerawat bersamaan dengan produk skincare mengandung retinol karena dapat menimbulkan efek samping tertentu. Penggunaan skincare dengan kandungan salicylic acid untuk jerawat yang terlalu banyak pada tubuh juga dapat menyebabkan keracunan. 

Oleh karena itu, Anda disarankan mengoleskan hanya pada area kulit yang bermasalah, seperti jerawat atau komedo. Anda yang memiliki alergi terhadap aspirin, sebaiknya menghindari penggunaan skincare dengan kandungan salicylic acid.

Produk Omniskin Berkandungan Salicylic Acid

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat salicylic acid untuk kecantikan di atas, kamu pasti udah enggak sabar untuk menggunakan bahan aktif tersebut.

Apalagi kalau kamu memiliki masalah jerawat membandel dengan rasa tidak nyaman yang cukup mengganggu. Well, kalau begitu simak beberapa produk skincare berkandungan salicylic acid berikut ini, ya!

Cica BHA – Amino Acid Foaming Wash untuk masalah kulit berminyak, sensitive dan berjerawat. Mengandung TIME-RELEASE BHA dalam bentuk Salicylic Acid yang terlapisi dalam kapsul-kapsul ukuran mikro.

Cica BHA memberikan perlindungan anti-jerawat dalam hitungan jam (estimasi 6 jam). Mencegah pH kulit terlalu asam agar bakteri jerawat P.Acnes tidak dapat tumbuh. Mengurangi produksi sebum berlebihan. Efektif mengangkat sel kulit mati.

Cica BHA – Amino Acid dengan foam yang berwatna putih yang lembut saat di aplikasikan ke wajah.

Web Slider_Volcanic Ash 6 Jerawat-min
Web Slider_Volcanic Ash 6 Jerawat-min

Volcanic Ash Pimple Drying Lotion adalah produk yang memberikan solusi membersihkan semua tipe jerawat. Kandungan Volcanic Ash yang kaya akan mineral dapat membantu memulihkan kulit berjerawat tanpa membuat kulit mengelupas, mendetoksifikasi kulit, dan menghilangkan segala kotoran.

Volcanic Ash juga memiliki kemampuan untuk membantu sintesis kolagen yang membuat kulit kamu terasa kenyal, pori pori mengecil dan bekas jerawat menghilang.

Volcanic Ash dengan tekstur lotion, cepat kering saat di aplikasikan ke spot acne.

Yuk, cari tahu lebih dalam solusi permasalahan kulit Ladies dengan konsultasi dengan CS Omniskin.

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia | Whatsapp