Hero ingredient manfaat kandungan Mandelic Acid untuk kecantikan

Anda  pasti sudah fasih dengan AHA (Alpha Hydroxy Acid) dan BHA (Beta Hydroxy Acid) dan jenis acid lainnya. Namun, sayangnya kepopuleran Mandelic Acid rasanya masih kurang dikenal oleh khalayak. 

Nah, melalui artikel berikut, ingin memperkenalkan acid yang merupakan turunan dari AHA, yakni Mandelic Acid. Jenis acid satu ini juga dikenal karena sifatnya yang lembut di kulit bahkan untuk pemilik kulit sensitif sekalipun. Bagi Anda yang penasaran, keep scrolling!

Apa itu Mandelic Acid?

Asam mandelic berasal dari almond dan merupakan jenis eksfoliator yang efektif mengangkat sel kulit mati. Partikel Mandelic yang lebih besar daripada glycolic acid membuatnya lebih lambat melakukan penetrasi ke dalam kulit dan hanya melakukan eksfoliasi di permukaan kulit saja. Hal ini menjadikan Mandelic disebut sebagai mild exfoliator yang tidak membuat iritasi pada kulit.

Meski dikatakan lebih gentle di kulit, mandelic acid tetap mampu memberikan hasil maksimal. Jenis AHA ini pun dipercaya dapat mengatasi jerawatan, tekstur kulit, hiperpigmentasi dan menyamarkan penuaan atau garis-garis halus. 

Apa manfaat mandelic acid untuk kulit? 

Sebagai salah satu asam golongan AHA, manfaat mandelic acid adalah sebagai berikut. 

1. Mencerahkan kulit

Salah satu manfaat mandelic acid adalah mencerahkan kulit dengan cara mempercepat regenerasi sel kulit. Sama seperti golongan AHA lainnya, mandelic acid mampu menyingkirkan sel kulit mati dan menggantikannya dengan baru. Dengan demikian, tekstur kulit akan membaik dan wajah tampak lebih cerah dan terasa lembut. 

2. Lembut di kulit

Manfaat mandelic acid dibandingkan dengan golongan AHA lainnya adalah lembut di kulit. Inilah yang membuat mandelic acid cocok digunakan oleh pemilik kulit sensitif dan orang yang mengalami rosacea. Bahkan, asam mandelat diyakini bisa digunakan oleh pemilik kulit berjerawat dan warna kulit tidak merata.

Sebab, tidak meningkatkan risiko peradangan dan hiperpigmentasi seperti yang dilakukan golongan AHA lainnya. Sifat mandelic acid yang lembut diyakini berasal dari ukuran molekulnya yang besar. Maka, mandelic acid dapat menembus lapisan kulit dengan perlahan dan lebih lambat sehingga efek iritasi kulit yang ditimbulkan cenderung kecil.

3. Mengobati jerawat

Mengobati jerawat merupakan salah satu manfaat mandelic acid yang baik untuk kulit. Jerawat adalah kondisi kulit yang disebabkan oleh penyumbatan pori-pori disertai dengan penumpukan minyak berlebih, sel kulit mati, dan bakteri yang berkembang biak sehingga menimbulkan peradangan. 

Produk yang mengandung asam mandelat dapat membantu mengendalikan penyebab jerawat tersebut sehingga diyakini efektif untuk mengurangi dan mengobati jerawat.

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Cosmetic Dermatology menemukan bahwa melakukan chemical peeling menggunakan asam mandelat sebesar 45 persen memiliki efektivitas yang setara dengan 30% asam salisilat untuk mengendalikan jerawat meradang. 

Asam mandelat juga disebut menimbulkan efek samping yang lebih sedikit. Tak hanya mengobati jerawat, penggunaan mandelic acid juga dapat membantu membersihkan pori-pori kulit dan mengurangi komedo. 

4. Mengurangi hiperpigmentasi

Mengurangi hiperpigmentasi juga menjadi manfaat mandelic acid lainnya.Hiperpigmentasi adalah kondisi menggelapnya area kulit tertentu karena produksi melanin yang berlebih. Hiperpigmentasi dapat muncul dalam bentuk berupa bercak hitam atau bintik hitam. 

Nah, penggunaan skincare yang mengandung mandelic acid diyakini dapat memiliki efek mencerahkan bintik-bintik hitam di wajah, seperti yang dialami oleh orang-orang yang memiliki kondisi melasma.

5. Meminimalisir kerutan dan garis halus

Sebuah hasil riset melaporkan bahwa chemical peeling dengan mandelic acid dapat membantu merangsang produksi kolagen. Kolagen adalah suatu jenis protein utama pada kulit dan jaringan ikat. Produksi kolagen yang meningkat tersebut sering kali dikaitkan dengan pengurangan keriput dan garis halus di wajah. Dengan demikian, kulit tampak lebih kencang dan terasa kenyal. 

Efek samping mandelic acid 

Meski kaya manfaat, perlu diperhatikan jika Mandelic juga dapat menimbulkan efek samping bagi beberapa orang. Meski begitu, dilansir dari byrdie. com, efek samping dari jenis acid ini disebut masih dalam level minim.

Selain itu, dikutip dari Healthline, jenis iritasi yang mungkin ditimbulkan pada kulit adalah kemerahan, pembengkakan dan rasa gatal. Jika Anda merasa tidak cocok dengan jenis eksfoliator ini, sebaiknya kurangi penggunaan, dan jangan ragu untuk segera berkonsultasi dengan CS Omniskin

Produk Skincare Berkandungan mandelic acid 

Nah, setelah mengetahui berbagai manfaat mandelic acid untuk kecantikan di atas, kamu pasti udah enggak sabar untuk menggunakan bahan aktif tersebut.

Apalagi kalau kamu ingin produk exfoliating yang ringan di wajah sekaligus mencerahkan dan  menghilangkan jerawat yang cukup mengganggu. Well, kalau begitu simak beberapa produk skincare berkandungan bakuchiol berikut ini, ya!

Cica Bakuchiol membantu mengatasi masalah penumpukan kulit mati serta sumbatan pada pori – pori (sumbatan terbuka maupun tertutup), komedo, blackhead, whitehead, serta jerawat.

Berfungsi untuk mengikis kulit mati yang menutup pori yang menyebabkan komedo, blackhead, whitehead dan jerawat tidak bisa keluar tanpa membuat iritasi atau kering dikulit.

Sedangkan bekas jerawat (scars, PIH, dan bopeng) juga akan tersamarkan, semakin sedikit ketebalan bekas jerawat pada lapisan kulit juga semakin cepat prosesnya. Sehingga wajah terlihat lebih cerah, bebas noda bekas jerawat dan lebih sehat.

Cara kerja untuk mengatasi jerawat yaitu dengan cara mempercepat pengeringan pada jerawat (nodule, papule atau pustule).

Cica Bakuchiol dengan tekstur cair yang ringan, nyaman dan mudah diserap kulit.

Yuk, cari tahu lebih dalam solusi permasalahan kulit Ladies dengan konsultasi dengan CS Omniskin.

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia | Whatsapp