FOR ALL WOMEN SKIN ◆ BPOM CERTIFIED ◆ BUDGET-FRIENDLY

SEBELAS NUTRISI BAIK PENJAGA KULIT

vitamin kulit

Makanan bernutrisi amat penting untuk menjaga kesehatan kulit. Dewasa ini, barang kali banyak dari kita yang rela merogoh kocek lebih dalam untuk mengatasi noda dan penuaan agar kulit tampak lebih bersih nan bercahaya. Namun, siapa sangka jika ternyata ada cara yang lebih efektif, plus hemat biaya untuk mencapai itu semua. Seperti yang diutarakan baru-baru ini oleh Ahli Kecantikan dari Amerika Serikat, Mandi Nyambi, mengetahui apa yang Anda makan dan apa efeknya pada kulit Anda ternyata menjadi langkah yang lebih baik ketimbang apa yang Anda lakukan dengan cara lama. Mandi melalui buku barunya, Fresh Face bahkan juga memberikan sejumlah panduan terkait nutrisi yang layak untuk dikonsumi, seperti yang dapat disimak melalui rangkuman berikut :

1. Vitamin A

  • Mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A sangat bagus untuk memperpanjang umur kulit Anda. Selain itu, nutrisi ini juga bermanfaat untuk proses perbaikan kulit, di samping baik pula untuk penglihatan, sistem kekebalan tubuh, dan reproduksi. Kandungan vitamin A dapat Anda temukan pada ikan, telur, daging sapi, dan susu, serta bayam, wortel, maupun ubi jalar.

2. Vitamin B12

  • Nutrisi ini juga dikenal sebagai Cobalamin, atau yang hadir dalam proses metabolisme setiap sel pada tubuh kita. Tubuh yang memiliki cukup kandungan vitamin B12 dapat menyerap protein dengan sangat baik, yang mana jenis nutrisi ini juga sangat penting untuk sistem saraf dan produksi sel darah merah di sumsum tulang. Pada kulit, vitamin B12 akan sangat memengaruhi elastisitasnya, dimana jenis nutrisi ini dapat anda temukan pada daging unggas, telur, kerang, dan susu.

3. Vitamin C

  • Salah satu vitamin yang paling populer saat ini. Ia sangat baik untuk antioksidan dan juga produksi kolagen. Kolagen sendiri adalah salah komponen utama pada kulit manusia, namun seiring berjalannya waktu jika produksinya menurun maka kulit akan tampak keriput. Maka dari itu, mengonsumsi suplemen kolagen atau mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin C akan sangat membantu untuk mengurangi atau mencegah keriput pada kulit. Biasanya, nustrisi ini dapat Anda temukan pada buah-buahan, terutama jeruk, stroberi dan blueberry, atu sayuran seperti bayam, paprika, dan tomat.

4. Vitamin D

  • Berfungsi untuk membantu mengatur jumlah kalsium dan fosfat pada tubuh. Selain itu, ia juga dapat membantu melawan infeksi termasuk mencegah jerawat dan komedo. Nutrisi ini dapat ditemukan pada susu, sereal, dan jus jeruk, atau barang sekadar berjemur di bawah terik sinar matahari.

5. Vitamin E

  • Nutrisi ini boleh dibilang adalah ksatria penjaga kulit Anda. Ia menawarkan sejumlah manfaat perawatan, dan tidak hanya membantu menjaga umur kulit tapi juga penuh antioksidan yang dapat membantu mencegah pembentukan bekas luka. Vitamin E bisa ditemukan dalam kacang almond, biji bunga matahari, dan minyak nabati, serta salmon, dan alpukat.

6. Vitamin K

  • Sangat berpengaruh pada proses pembekuan darah. Hal itu berarti, ia memainkan peran penting dalam proses penyembuhan luka pada kulit manusia. Tidak hanya itu, ia juga akan membantu mengurangi lingkaran hitam pada yang disebabkan kurang tidur, di samping dapat membantu mengatasi kulit pucat, maupun fenomena dimana pembuluh darah di bawah kulit mulai terlihat. Beberapa produk yang kaya akan Vitamin K antara lain, susu, buah-buahan, dan hati.

7. Zinc

  • Anda barang kali akan mendapatkan jerawat yang cukup banyak ketika melakukan diet. Hal ini salah satunya disebabkan kandungan zinc dalam tubuh anda berkurang. Maka dari itu, untuk mengatasinya anda dapat mengonsumsi daging, kerang, dan susu, atau bibit bagi Anda memiliki yang memiliki pola makan vegan.

8. Omega 3, 6, 9

  • Merupakan tiga jenis asam lemak yang memainkan peran penting terhadap perawatan sel dalam tubuh. Namun demikian, tubuh manusia tampaknya tidak dapat menghasilkan asam Omega 3 itu sendiri. Mereka dianggap ‘lemak esensial’ dan organisasi World Heath merekomendasikan agar kita mengonsumsi dua porsi ikan berlemak setiap minggu untuk mendapatkan keseimbangan asupan Omega 3 tersebut. Tubuh manusia juga tidak memproduksi Omega 6. Namun demikian, kabar baiknya kita dapat memproduksi Omega 9 sehingga kita dapat mengonsumsi berbagai jenis biji, seperti biji rami, dan biji labus, serta minyak sayur dan kacang kenari agar dapat menyeimbangkan produsi omega 6 dan 9.

9. Lactobacillus

  • Jenis bakteri baik yang ada pada tubuh manusia. Ia baik untuk merawat kulit dan melawan peradangan di seluruh tubuh, yang mana kandungannya biasa ditemukan pada makanan fermentasi seperti yogurt Atau kimchi.

10. Kunyit

  • Tanaman dari keluarga jahe atau yang biasa disebut turmeric. Ia dapat membantu menyeimbangkan energi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kunyit bukan lah itu sendiri, namun ia adalah paket lengkap yang mengemas vitamin C, kalsium, serat, zat besi, niasin, kalium, seng dan lain sebagainya.

11. Ashwagandha

  • Jenis tanaman yang juga dikenal dengan Ginseng India. Seteguk ramuan ini diklasifikasikan sebagai ‘adaptogen’ yang dapat membantu mengatasi stres atau mengurangi produksi kortisol dan efeknya pada kulit. Kortisol pada umumnya dikenal sebagai hormon stres yang diproduksi secara alami oleh tubuh manusia, terutama ketika bangun di pagi hari. Sama halnya kunyit, Ashwagandha juga bukanlah nutrisi itu sendiri. Namun, ia sangat membantu Anda untuk mengatasi kulit yang tampak menua. (M-2).

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia | Whatsapp