Apa Penyebab Whitehead dan Bagaimana Cara Menghilangkannya?

Jika tahapan cleansing sudah benar, whitehead pun bisa dicegah

Apakah Ladies sering mendengar istilah whitehead atau bahkan mengalaminya? Whitehead adalah salah satu permasalahan kulit yang banyak kita alami.

Whitehead merupakan komedo berwarna putih yang biasanya timbul pada kita yang memiliki kulit berminyak. Whitehead ini tentunya bikin penampilan jadi kurang maksimal dan membuat kita jadi kurang percaya diri bukan?

Supaya wajah kembali bersih, yuk ketahui penyebab whitehead dan cara mengatasinya!

Penyebab Whitehead

Whitehead dan blackhead sebenarnya sama-sama komedo, tapi sesuai namanya, whitehead memiliki warna putih dan agak kekuningan.

Pada pori-pori yang terbuka, biasanya akan muncul blackhead. Namun, di pori-pori yang tertutup, whitehead lah yang akan timbul.

Penyebab whitehead muncul adalah akibat minyak di kulit yang tercampur dengan debu dan kotoran.

Kita yang memiliki kulit berminyak memang memiliki pori-pori yang lebih besar dibanding jenis kulit lainnya. Oleh sebab itu, debu dan kotoran lebih mudah untuk menempel serta menyumbat pori-pori, sehingga menyebabkan komedo.

Terekspos sinar matahari juga menjadi penyebab whitehead dan blackhead. Makanya kita tidak boleh lupa memakai sunscreen saat akan beraktivitas setiap hari.

Cara Mengatasi Whitehead

1. Cleansing

Debu, kotoran, dan sisa-sisa makeup dapat hilang dengan sempurna dari kulit wajah jika kita membersihkannya dengan benar.

Dengan begitu, pori-pori tidak akan tersumbat dan whitehead pun tidak akan muncul.

Lakukan teknik double cleansing, prinsip double cleansing itu adalah membersihkan wajah dalam dua step: step pertama dengan first cleanser yang biasanya berbahan dasar minyak (oil based) seperti Cleansing balm Omniskin. Cleansing Balm juga dapat melunturkan semua makeup waterproof, kotoran, komedo,  blackhead dan whitehead untuk menampilkan kulit yang lebih cerah dan segar.

Aplikasikan cleansing balm ke wajah dan tunggu 2 menit lalu, komedo yang menyumbat di pori pori akan meleleh selanjutnya bilas dengan air.

step kedua dengan gunakan facial wsh Cica BHA Amino Acid Foaming Wash

untuk kulit berminyak dan berjerawat. Mengandung TIME-RELEASE BHA dalam bentuk Salicylic Acid yang terlapisi dalam kapsul-kapsul ukuran mikro.

Cica BHA memberikan perlindungan anti-jerawat dalam hitungan jam (estimasi 6 jam). Mencegah pH kulit terlalu asam agar bakteri jerawat P.Acnes tidak dapat tumbuh. Mengurangi produksi sebum berlebihan. Efektif mengangkat sel kulit mati.

 

2. Facial

Untuk menghilangkan whitehead, kita juga bisa melakukan perawatan facial di salon. Pilih salon kecantikan yang benar-benar terpercaya ya!

Jangan lakukan facial sendiri, karena dikhawatirkan kita akan membuat kondisi kulit jadi makin buruk.

Facial dianjurkan dilakukan setiap dua minggu sekali, tapi kalau kita tidak punya banyak waktu, satu kali dalam sebulan juga cukup, kok.

 

3. Microdermabrasi

Microdermabrasi adalah treatment profesional yang secara lembut dapat mengangkat sel kulit mati.

Microdermabrasi berfungsi untuk mengangkat whiteheadblackhead, jerawat, menghilangkan bekas jerawat, mencerahkan kulit belang, mengurangi stretch marks, mengecilkan pori-pori, serta mengurangi garis-garis halus dan kerutan di wajah.

Perawatan ini membantu menebalkan kolagen di kulit, sehingga kulit akan tampak lebih muda, kencang, dan halus.

“Microdermabrasi tuh seperti eksfoliasi yang lebih canggih, karena bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang sudah rusak sebelum komedo muncul,” ujar Dr. Maria.

Perawatan microdermabrasi cuma boleh dilakukan sebulan sekali, karena jika terlalu sering, kulit malah akan jadi rusak.

Mana perawatan whitehead yang ingin Ladies coba?

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia | Whatsapp