Jarang Diketahui, Ini 7 Manfaat Eksfoliasi Wajah

Sel kulit mati yang menumpuk di wajah bikin tampilan kulit jadi kering, kusam, dan pori-pori terlihat jelas. Untuk itu, Ladies perlu rutin melakukan eksfoliasi agar membantu pengelupasan sel kulit mati yang menumpuk. 

Nah, ternyata masih ada manfaat lainnya dari eksfoliasi wajah untuk mencegah permasalahan kulit, lho. Penasaran ? Yuk, scrolling sampai akhir untuk tahu jawabannya!

Manfaat Eksfoliasi Wajah

1. Mencegah Timbulnya Jerawat

Jerawat kerap kali disebabkan oleh penggunaan skincare/makeup yang kurang cocok, alergi, hingga perubahan hormon. Namun, sadarkah Ladies bahwa kebersihan wajah juga menjadi faktor pemicu timbulnya jerawat?

Wajah yang jarang dibersihkan membuat pori-pori tersumbat oleh sel kulit mati, kotoran, dan debu. Akibatnya, wajahmu jadi berjerawat karena tidak dibersihkan secara menyeluruh. Makanya, Ladies perlu melakukan proses eksfoliasi untuk mempercepat proses penyembuhan jerawatmu. Selain itu, manfaat eksfoliasi wajah adalah untuk mengurangi produksi minyak, sehingga pori-pori bersih dan tidak tersumbat lagi. 

2. Mempercepat Proses Regenerasi Kulit

Faktanya, kulit melakukan regenerasi sel secara alami setiap 28-30 hari atau lebih lho!. Namun, sayangnya, apabila sel kulit mati tersebut tidak mengelupas sempurna yang berdampak pada tampilan kulit jadi kering dan memicu pori-pori tersumbat. Jika dibiarkan, kulit menjadi terlihat kusam dan lelah. 

Biar tidak gampang kusam, Ladies bisa mempercepat proses regenerasi kulit dengan Cica Bakuchiol membantu mengatasi masalah penumpukan kulit mati serta sumbatan pada pori – pori (sumbatan terbuka maupun tertutup), komedo, blackhead, whitehead, serta jerawat.

Berfungsi untuk mengikis kulit mati yang menutup pori yang menyebabkan komedo, blackhead, whitehead dan jerawat tidak bisa keluar tanpa membuat iritasi atau kering dikulit.

Sedangkan bekas jerawat (scars, PIH, dan bopeng) juga akan tersamarkan, semakin sedikit ketebalan bekas jerawat pada lapisan kulit juga semakin cepat prosesnya. Sehingga wajah terlihat lebih cerah, bebas noda bekas jerawat dan lebih sehat.

3. Mencerahkan Kulit

Bila sering beraktivitas di luar ruangan, biasanya ada area kulit wajah yang cenderung lebih gelap akibat sering terpapar matahari. Nah, dengan melakukan eksfoliasi bisa membantumu mencerahkan kulit wajah.

Soalnya, proses eksfoliasi dapat membuat sel kulit mati pada lapisan kulit teratas terkikis. Bila dilakukan secara berkala, mampu membuat kulit berubah dari kasar dan kusam, menjadi halus dan cerah, berkat pertumbuhan sel kulit wajah yang jauh lebih sehat.

4. Membersihkan Pori-pori

Selama beraktivitas, debu dan kotoran halus yang tidak terlihat dapat menempel di wajah. Belum lagi, tipe kulitmu berminyak dan jarang dibersihkan, wajah jadi rentan timbul jerawat, blackheads, dan whiteheads, hingga pori-pori terlihat besar akibat tersumbat.

Supaya membantu mengatasi dari masalah kulit tersebut, Ladies bisa membersihkan wajah menggunakan Cica BHA – Amino Acid Foaming Wash selanjutnya gunakan CICA Clean Pore – Oily Skin Toner. Tak hanya mengangkat sel kulit mati saja, dengan kandungan Centella Asiatica, Volcanic Ash dan Niacinamide yang memiliki daya serap yang kuat mampu mengangkat sebum, komedo bahkan blackhead hingga benar-benar bersih. Kandungan ekstrak Cica dapat membantu meredakan wajah yang meradang akibat jerawat atau iritasi sekaligus mencegah timbulnya jerawat. Sedangkan kandungan Niacimade dapat mencerahkan wajah, menyamarkan bekas jerawat.

5. Meningkatkan Produksi Kolagen

Tahukah Ladies, pertambahan usia membuat kulit jadi terasa lebih kasar saat disentuh? Salah satunya, itu dikarenakan penumpukan sel kulit mati yang terjadi setiap hari, membuat wajah jadi terlihat lebih tua dibanding seharusnya.

Oleh sebab itu, lakukannya secara rutin agar manfaat eksfoliasi wajah dapat dirasakan secara optimal. Yang salah satunya adalah membantumu dalam mempertahankan kondisi kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen. Hal ini bukan tanpa alasan, eksfoliasi mendorong pengelupasan sel kulit sehingga wajah jadi kencang, kenyal, elastis, minim tampilan garis halus, hingga bebas kerutan.

6. Mengoptimalkan Penyerapan Skincare

Sel kulit mati yang menumpuk dapat membuat penyerapan skincare yang Ladies gunakan tiap hari kurang optimal. Bila tidak segera dibersihkan, kulitmu jadi terhambat mendapatkan nutrisi dan terlihat kusam.

Setelah selesai melakukan eksfoliasi dan kulit mati telah tersapu bersih, pori-pori wajah akan terbebas dari penyumbatan. Sehingga, produk perawatan yang Ladies oleskan di wajah dapat bekerja lebih efektif dan maksimal.

7. Memperbaiki Tekstur

Meskipun sel kulit mati dapat mengelupas dengan sendirinya, tetap saja masih ada yang tersisa di wajah. Nah, penumpukan sel kulit mati tersebut membuat tekstur kulit jadi tidak rata dan kasar untuk disentuh.

Dengan melakukan eksfoliasi secara rutin, proses regenerasi sel bekerja sehingga sel kulit mati terangkat dan berganti dengan yang baru. Selain itu, wajah pun jadi terlihat bersih, segar, bercahaya, dan halus.

Itu dia tujuh manfaat eksfoliasi wajah. Perlu diingat bahwa, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, Pastikan Ladies melakukan eksfoliasi secara berkala saja dan  menggunakan facial foam dan facial scrub yang lembut, sebanyak satu hingga dua kali saja selama seminggu bila kulitmu kering dan normal, atau tiga kali seminggu bila tipe kulitmu berminyak. Tujuannya, agar skin barrier-mu tetap terjaga dan bebas iritasi. Jangan lupa pula saat melakukan eksfoliasi, gosok wajah secara perlahan dengan gerakan memutar.

Yuk, Cari tahu kebutuhan skincare untuk kulit Ladies dengan konsultasi dengan CS Omniskin.

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia | Whatsapp