Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Flek Hitam pada Wajah

Wajah yang cantik dan bersih adalah idaman bagi seluruh wanita. Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan hal tersebut. Namun, kegiatan yang membuat wajahmu kerap mendapatkan sinar matahari dapat menimbulkan banyak flek hitam. Untuk mencegahnya, disarankan agar menggunakan tabir surya sebelum keluar dari rumah.

Walau begitu, tidak sedikit juga wanita yang tetap mengalami munculnya flek hitam di wajah meski terbilang jarang keluar rumah. Lalu benarkah apabila hanya sinar matahari yang dapat menjadi penyebab seseorang mengalami flek hitam di wajah? Untuk mengetahui hal tersebut secara mendalam, silahkan baca lanjutan dari artikel berikut ini!

Faktor Penyebab Flek Hitam

1. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan menjadi penyebab utama munculnya noda hitam pada wajah. Nggak cuma itu, wajah yang terekspos sinar matahari secara terus-menerus juga bisa menyebabkan kanker kulit lho. Untuk itu, pastikan kamu selalu menggunakan sunscreen sebelum keluar rumah..

2. Hiperpigmentasi

Hiperpigmentasi terjadi ketika area tertentu di kulit wajah rusak. Hal itu dikarenakan kulit memproduksi melanin berlebih, sehingga kemudian membuat spot tertentu kulit terlihat lebih gelap.

3. Faktor Genetik

Tidak hanya faktor dari luar saja yang dapat menyebabkan flek hitam, namun faktor genetik juga menjadi salah satu penyebab munculnya noda hitam pada wajah. Orang yang memiliki faktor ini dalam tubuhnya akan cenderung rentan terhadap penyakit seperti melasma yang diakibatkan alergi ringan, paparan sinar matahari, maupun perubahan hormon.

Penyebab flek hitam ini biasanya lebih sering terjadi pada orang dengan warna kulit yang lebih putih atau cerah, memiliki warna rambut merah, pirang atau cokelat.

4. Paparan Cahaya Lampu dan Gadget

Dikutip dari Allure, menurut sebuah hasil studi dalam Journal of Investigative Dermatology, cahaya dari lampu dapat menjadi pemicu terjadinya flek hitam pada kulit. David Bank, yang merupakan asisten profesor klinis dermatologi di Columbia University mengatakan jika cahaya lampu bekerja sama persis dengan sinar UV yang menyebabkan terjadinya pembentukan produksi melanin yang berlebihan. Selain itu, seperti yang tertulis dalam halaman Stylecaster, seorang ahli kecantikan asal New York, Kavita Mariwalla, M.D, menjelaskan jika panas yang dihasilkan oleh gawai juga dapat memicu timbulnya hiperpigmentasi pada kulit.

5. Perubahan Hormon

Rupanya, selain strech marks flek hitam juga kerap terjadi pada kulit wanxita yang sedang mengandung. Dikutip dari Stylecaster, munculnya flek hitam pada ibu hamil terjadi karena dalam masa kehamilan, hormon tubuh akan mengalami perubahan yang signifikan, sehingga mengakibatkan terjadinya perubahan warna kulit. Namun tak perlu khawatir, seiring berjalannya waktu, bercak hitam tersebut akan menghilang dengan sendirinya. Selain itu, penggunaan obat kontrasepsi jenis tertentu juga dapat mengakibatkan munculnya flek hitam atau melasma pada kulit.

6. Bekas Jerawat

Bekas jerawat juga jadi masalah yang sering dialami banyak perempuan. Biasanya, jerawat meninggalkan bekas hitam yang tentunya mengganggu penampilan. Untuk mengatasinya, krim yang mengandung hydroquinone, Vitamin C, atau kojic acid bisa jadi pilihan.

Cara Menghilangkan Flek Hitam

Itulah beberapa hal lain yang dapat menjadi penyebab timbulnya flek hitam di wajah meski jarang keluar rumah. Kamu harus benar-benar mengetahui hal yang menyebabkan gangguan tersebut agar dengan mudah untuk dicegah dan diatasinya gunakan produk omniskin Whitening series.

Whitening series terdiri dari :

  • Watermelon Plump Infused Toner untuk meningkatkan kelembaban serta elastisitas kulit secara instant dan menenangkan kulit kemerahan dan sensitif, memberikan rasa sejuk dan rileks dalam sekali pemakaian.
  • Whitening Serum membantu mengurangi pigmentasi & noda-noda gelap pada kulit, menghasilkan warna kulit yang lebih rata serta rona wajah yang lebih cerah bercahaya (anti-kusam), dapat digunakan untuk kulit sensitive, bruntusan, dan juga yg memiliki dark spot. Bisa digunakan pagi dan malam hari.
  • Saat malam hari lanjutkan dengan Watermelon Bright Whitening Night Cream, kulit terasa lembap, kenyal dan cerah di pagi hari. Selain itu, Watermelon Bright juga dapat mengurangi efek kerusakan kulit akibat sinar matahari, memudarkan bekas noda atau fleks hitam membuat kulit nampak cerah dan glowing.

Gunakan secara rutin selama 7 hari, flek hitam akan memudar, kulit wajah jadi lebih sehat dan lebih cerah. Bekas jerawat seringkali meninggalkan bintik yang lama-kelamaan akan menjadi flek hitam.

Biasanya bekas jerawat membutuhkan waktu yang lama untuk hilang, dan jika kamu tidak berusaha menghilangkan bekas jerawat maka akan muncul flek hitam di wajah.

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia | Whatsapp