5 Faktor Internal yang Bisa Menyebkan Masalah Kulit

acne-skin-treatment

Sudah melakukan banyak cara, tapi kok masalah kulit selalu muncul ya??

Mungkin bukan kesalahan skincare ladies, tapi pengaruh faktor eksternal, seperti polusi udara, radikal bebas, perubahan iklim, dan kondisi ruangan yang ladies tempati yang menyebabkan masalah Kulit.

Rangkaian skincare yang ladies gunakan sudah tepat hanya tinggal bagaimana ladies mengatasi faktor internal yang dapat mempengaruhi masalah kulit ladies. Beberapa faktor internal ini mungkin menjadi penyebab masalah kulit ladies saat ini.

Pola Makan

Sadar atau tidak pola makan menjadi salah satu faktor penting yang mempengaruhi kulit. Untuk mendapatkan kulit yang sehat ada baiknya ladies menghindari makanan junkfood karena bisa membuat kulit kusam dan kering. Kandungan lemak di dalamnya mampu memicu munculnya jerawat dan komedo.

Makanan lain yang perlu ladies hindari adalah makanan maupun camilan manis. Karena rasa manis yang ditimbulkan akan meningkatkan kadar gula dalam darah yang meningkatkan hormon insulin.

Hormon insulin yang terlalu tinggi akan memicu kenlenjar minyak untuk memproduksi minyak lebih banyak sehingga risiko timbulnya jerawat semakin tinggi. Jadi, ada baiknya ladies mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur juga memperbanyak air putih guna menjaga kelembapan dan elastisitas pada kulit terutama wajah.

Pola Istirahat

Dampak yang paling jelas terlihat adalah mata yang merah dan munculnya kantung mata, kulit terlihat kusam dan kering bahkan kadang cenderung terlihat pucat. Dalam hal ini, ada baiknya ladies mulai istirahat di bawah jam 10 malam. Karena pada jam 10 malam hingga jam 2 pagi adalah jam dimana kulitmu mulai bekerja untuk beregenerasi. 

Stress

Tingkat stress yang ladies alami karena terlalu sibuk bekerja atau bahkan karena kurang istirahat dapat meningkatkan hormon kortisol. Hormon kortisol yang tidak seimbang akan mengakibatkan kerentanan tubuh terhadap peradangan atau inflamasi pada kulit.

Selain itu hormon ini juga dapat meningkatkan kadar minyak pada kulit sehingga jerawat akan lebih mudah muncul. Jadi tidak heran jika akhirnya kulitmu akan memiliki bintik merahan yang akhirnya menjadi jerawat karena stress yang ladies alami.

Hormon

Banyak yang mengira bahwa hormon hanya akan mempengaruhi suasana hati yang cenderung berubah-ubah, terutama pra-menstruasi atau pada saat menstruasi. Tapi nyatanya tidak hanya itu, sebagian perempuan juga menandai dengan munculnya jerawat. Kadar hormon estrogen yang terlalu rendah dapat menyebabkan munculnya jerawat karena kadar minyak pada wajah yang meningkat.

Obat-obatan

Mengonsumsi obat-obatan tertentu juga berdampak pada masalah kulit, seperti kulit kering, munculnya alergi bahkan berjerawat. Selain itu, jika ladies mengalami alergi pada obat tertentu akan muncul ruam kemerahan hingga bintik gatal. 

Obat-obatan lain yang dapat mempengaruhi masalah kulit adalah pil KB jenis tertentu, ini akan berdampak pada meningkatnya hormone testosterone yang memicu produksi minyak berlebih sehingga menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat. Jadi, periksa kembali ya faktor eksternal yang menyebabkan masalah kulit ladies.

Hubungi kami dan dapatkan produk Omniskin!
Produk Omniskin
Instagram | Shopee | Tokopedia | Whatsapp